Friday, 3 May 2013

GAYA MAGNET



GAYA MAGNET
Magnet adalah benda yang dapat menarik benda-benda lain yang terbuat dari logam. Magnet memiliki bentuk bermacam-macam, ada magnet yang berbentuk jarum, silinder, batang, ladam (tapal kuda), dan cincin.
Magnet mempunyai dua kutub, yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S). bila kutub senama (utara-utara) dihadapkan, maka kedua magnet akan saling tolak-menolak. Bila dua kutub yang berbeda (utara-selatan) dihadapkan maka kedua magnet akan saling tarik-menarik.
Jika kutub-kutub yang tidak senama dari dua buah magnet batang dihubungkan maka akan terbentuk magnet sambungan yang memiliki kutub utara dan kutub selatan.

Benda bersifat magnetis dan nonmagnetic
Magnet dapat menarik atau menolak benda. Artinya magnet memiliki gaya hingga dapat menggerakkan benda. Gaya itu disebut gaya magnet. Benda yang dapat digerakkan oleh magnet disebut benda bersifat magnetis. Benda yang tidak dapat digerakkan oleh magnet disebut benda bersifat nonmagnetis.
Penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
1. kompas
kompas digunakan sebagai pedoman untuk menentukkan arah mata angin.
2. alat pengangkut besi tua
alat pengangkut (Derek) menggunakan electromagnet yang dialiri arus listrik kuat untuk mengangkut besi tua atau baja
3. ujung gunting dan obeng
ujung gunting dan obeng memiliki magnet
4. kereta api maglev
kereta api jenis maglev (Magnetic Levitation), yang artinya mengapung di atas magnet merupakan kereta api modern yang tidak memiliki roda dan dapat meluncur diatas udara. Rel yang menggunakan magnet menyangga kereta api dan membuat kereta melayang dan bergerak.

0 comments:

Post a Comment